Daftar Isi

Selasa, 03 Januari 2012

Khasiat / Manfaat Lada (Merica)

Lada atau merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud bijian yang dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama sama. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting di Dunia Lama. Pada masa lampau harganya sangat tinggi sehingga menjadi salah satu pemicu penjelajahan orang Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangannya dan, dengan demikian, mengawali sejarah kolonisasi Afrika, Asia, dan Amerika.

Di Indonesia, lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan lain-lain.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Merica atau lada tak sekadar pencipta rasa pedas yang melezatkan makanan. Butiran rempah-rempah ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh.


Bumbu yang juga dikenal sebagai Piper nigrum L ini setidaknya memiliki sejumlah manfaat tambahan, seperti dikutip dari health.com berikut ini:



Pencegah kanker payudara


Senyawa kimia yang disebut piperin dalam biji merica dapat membantu mencegah perkembangan tumor dan kanker pada payudara, menurut penelitian University of Michigan, Amerika Serikat.


Sifat penangkal kankernya lebih tinggi jika dikombinasikan dengan kunyit. Jadi, sering-seringlah menggunakan dua bumbu tersebut pada masakan.


Scrub kulit


Merica juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk memperhalus kulit. “Rasa hangatnya bisa merangsang sirkulasi darah sehingga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi pada permukaan kulit. Teksturnya yang agak kasar juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati,” kata Wendy Allred, dari Bliss Spa.


Untuk membuatnya, campur setengah gelas gula, dua sendok makan minyak zaitun, dan sedikit merica. Aduk rata. Basahi wajah, kemudian bersihkan kulit dengan campuran tersebut sambil berikan pijatan perlahan. Lalu, bilas dengan air dingin.


Pereda flu


Merica adalah dekongestan alami. Senyawa kimia alami didalamnya dapat mengiritasi selaput lendir, dan membuatnya memproduksi lebih banyak lendir untuk membantu membersihkan area hidung.


Neil Schachter, MD, seorang profesor di Mount Sinai School of Medicine di New York dan penulis buku ‘The Good Doctor’s Guide’ mengatakan, menambahkan lebih banyak lada pada semangkuk sup ayam, Anda bisa bernafas lebih lega saat flu.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lada (piper nigrum linn atau pepper) yang oleh ibu rumah tangga sering disebut “merica”, merupakan salah satu komoditas unggulan bagi Indonesia. Secara ekonomi lada merupakan sumber pendapatan petani dan devisa negara non migas. Secara sosial merupakan komoditas tradisional yang telah dibudidayakan sejak lama dan aktivitas usahanya menjadi penyedia lapangan kerja yang cukup luas terutama di daerah sentra produksi. 

Manfaat lada dalam rumah tangga sebagai bumbu penyedap rasa yang mengandung senyawa alkolid piperin, berasa pedas. Sedang manfaat untuk kesehatan, lada dapat melonggarkan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. 

Oleh karena itu masakan yang berbumbu pedas merica cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin. Masakan yang menggunakan mrica dan cocok untuk kesehatan seperti saus steak, sup dan sebagainya. 

Menurut jenisnya lada ada dua macam yaitu lada putih dan lada hitam. Lada putih adalah buah lada yang dipetik saat buah lada itu sudah matang. Lantas dikupas kulitnya dengan cara merendamnya dalam air mengalir selama dua minggu, kemudian dijemur selama tiga hari. 

Sedang lada hitam ialah buah lada yang saat dipetik sudah matang tapi kulitnya masih hijau, dan langsung di jemur selama tiga hari tanpa direndam terlebih dahulu.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indonesia kaya akan bahan bahan alami diantaranya adalah lada nah apa saja manfaat merica bagi kesehatan. Lada atau merica selama ini dikenal hanya sebatas bumbu dapur. Padahal dibalik itu merica memiliki khasiat sebagai obat.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkannya antara lain asma, masuk angin, dan diare. Selain itu, hawa panas yang ditimbulkan tanaman dengan nama latin piper nigrum ini juga mampu membuat badan menjadi segar. Karena itulah, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat pendongkrak stamina. Dengan mencampurkan bubuk lada atau merica dengan telur ayam kampung setengah matang.

Lada atau merica juga banyak digunakan sebagai obat pengusir hawa dingin. Biasanya dicampur pada kopi atau seduhan jahe. Minuman ini banyak digunakan didaerah berhawa dingin. Sebagai obat asma, masuk angin, dan diare cara meraciknya sangat sederhana. Anda cukup mengambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah jadi hangat atau suam-suam kuku.

Minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, diare dan masuk angin anda sembuh. Khusus bagi penderita asma, ramuan obat ini bisa dijadikan obat rutin, terutama di musim penghujan. Karena biasanya penyakit asma sering kumat ketika musim dingin.

3 komentar:

  1. apakah bisa menghilangkan jerawat?
    . saya dengar dari temen bisa .,

    BalasHapus

Bila ingin membesarkan teks silakan pencet dan tahan tombol "CTRL" kemudian pencet tombol "+" di keyboard.

Biasakan menyertakan link sumber dalam mengutip, atau kami akan berlakukan DMCA.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komentar Terakhir