Cari di Blog Ini

Memuat...

Daftar Isi

Selasa, 08 November 2011

KETERAMPILAN DASAR DALAM ILMU-ILMU SOSIAL

C.     keterampilan Menyajikan Informasi
Sekumpulan data dan informasi yang diperoleh, diolah, dianalisis kemudian ditarik suatu kesimpulan. Data yang diperoleh haruslah bermanfaat bagi pihak lain selain peneliti, hendaknya dapat dipaparsajikan dengan sistematis sehingga mudah  diterima dan dicerna oleh orang lain. Selengkap apapun informasi yang telah terkumpul dan diolah dengan baik, namun karena penyajianya kurang sistematis dan menarik perhatian orang lain (pemerhati), maka data atau informasi itu kurang bermakna dan sulit untuk dipahami oleh pemerhati.
Dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar guru hendaknya dapat menjadi penyaji yang baik dan menarik, agar siswa memiliki minat dan perhatian yang tinggi serta antusias dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam menyajikan materi pembelajaran adalah dengan menggunakan media dan alat peraga pengajaran. Apabila materi pembelajaran berupa data dan angka, maka guru lebih baik menggunakan bagan grafik dan gambar-gambar. Dengan cara seperti ini akan membantu siswa untuk mempermudah memahami materi pelajaran.
Dalam proses pembelajaran harus ada tiga unsur penting, yaitu: (1) guru, (2) materi, (3) siswa. Materi yang disampaikan kepada siswa harus disampaikan berdasarkan kurikulum yang ada dan disampaikan dengan mengunakan metode dan media yang memadai. Setelah materi disampaikan kepadas siswa, perlu dinilai keberhasilanya sebagai feed back kepada guru.
Contoh penggunaan gambar dalam pengajaran IPS, apabila guru menerangkan materi tentang lingkungan Indonesia, maka guru membentangkan gambar peta Indonesia didepan kelas. Penggunaan grafik, bagan, dan gambar dalam pengajaran IPS, agar dapat menghindari sifat verbalisme bagi siswa.
Pengajian informasi yang dibantu dengan alat peraga berupa grafik, bagan, dan gambar merupakan salah satu upaya penyajian informasi yang menarik bagi siswa dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara lebih efektif.
Seorang guru atau peneliti apabila akan menyajikan informasi secara efektif hendaknya memenuhi ketentuan-ketentuan berikut ini:
1.      penyajian informasi hendaknya berpribadi menarik dan pandai bicara didepan murid dan khalayak,
2.      informasi yang hendak disajikan hendaklah dikemas secara apik dan menarik sehingga informasi yang disampaikan dipercaya oleh si penerima informasi,
3.      materi informasi yang hendak disajikan memiliki keterkaitan dengan kepentingan si penerima informasi,
4.      informasi yang disampaikan dapat dijadikan dasar penyusunan rencana pembangunan di masa yang akan datang.

D.    Keterampilan Memanfaatkan Informasi
Dalam suatu kegiatan penelitian sosial terdapat beberapa langkah kegiatan yang ditempuh mulai dari mengumpulkan data atau memperoleh informasi, mengolah data, menganalisa data, dan menarik kesimpulan.
Sebagai seorang guru sebenarnya setiap hari mengadakan penelitian dengan siswa walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Pada saat mengajar pada dasarnya guru menyampaikan informasi yang telah dimilikinya, baik diperoleh dari buku sumber, media massa, maupun dari hasil laporan penelitian. Setiap informasi yang dimiliki oleh seseorang, baru dianggap bermanfaat bila ia dapat menggunakan dan memanfaatkan informasi-informasi dalam pekerjaanya sehari-hari. Misal seorang pengacara ia harus jeli menerima informasi dari berbagai pihak yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membela klienya. Begitu pula halnya dengan guru, tidak terlepas dari kegiatan memanfaatkan informasi dalam proses pembelajaran dikelas. Sebelum ia masuk kedalam kelas untuk memberikan pelajaran, terlebih dahulu guru tersebut harus membawa sejumlah informasi yang telah dimilikinya untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar siswa didalam kelas.
Data atau informasi yang diperoleh dapat pula dimanfaatkan sebagai dasar-dasar perencanaan dimasa yang akan datang, misalnya saja data mengenai jumlah penduduk pada usia Sekolah Dasar  (7-12 tahun) dapat dimanfaatkan untuk merencanakan jumlah lokal sekolah, jumlah guru yang diperkirakan disuatu daerah atau negara. Disamping itu data penduduk pada usia angkatan kerja dapat dijadikan dasar untuk merencanakan lapangan kerja yang harus disediakan oleh pemerintah untuk menampung angkatan kerja tersebut.
Dalam memanfaatkan informasi untuk merencanakan pembangunan dimasa datang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang data atau informasi yang diperoleh antara lain sebagai berikut:
1.      Informasi hendaklah benar-benar diperoleh dari sumber yang terpercaya,
2.      Pengolahan dan analisa data menggunakan teori-teori yang akurat supaya dapat menarik kesimpulan yang lebih objektif,
3.      Informasi yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian sehingga hasil penelitianya lebih akurat dan dapat dipercaya.
Selengap apapun informasi yang diperoleh dalam sebuah penelitian, apabila tidak dapat memanfaatkanya, maka hasil penelitian itu kurang atau tidak dapat memberikan kontribusi positif kepada pihak lain, terutama dalam pembangunan dibidang pendidikan nasional.

Ali Mohamad R., (1993), Strategi Penelitian Pendidikan, PT Angkasa Offset, Bandung.

Download  Power Pointnya DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila ingin membesarkan teks silakan pencet dan tahan tombol "CTRL" kemudian pencet tombol "+" di keyboard.

Biasakan menyertakan link sumber dalam mengutip, atau kami akan berlakukan DMCA.

Komentar Terakhir