Daftar Isi

Kamis, 23 Oktober 2014

Fakta Setting Advance Boot dan Virtual Memory (Page File) di Windows 8.1 64bit pada Laptop

Saya hanya mencoba membagikan pengetahuan berdasarkan yang telah saya lakukan.Spek Lepi saya Lenovo G400s >> Core i3 3110m dengan VGA shared Intel HD 4000, RAM dual channel 4Gb (sudah ditambah 1 keping, awalnya cuma 2Gb).

  1. Setting Advance Boot
  • Banyak beredar setting Advance Boot yg menyarankan agar mengisi kolom Maximum dengan jumlah RAM yg terpasang, tapi faktanya hal ini malah membuat Hardware reserved membesar, berikut SS nya:
 Hal ini juga berpengaruh pada jumlah shared memory VGA yg menjadi lebih kecil, tentunya performanya juga malah akan menurun, berikut ini SS nya:

  • Maka dari itu, saya tidak lagi mengisi kolom Maximum memory tersebut, dan hasilnya justru lebih baik dari sebelumnya, berikut ini SS nya:
 Saya yakin untuk windows 8 dan 7 juga pengaruhnya sama, baik pada system 32bit (yg umum dipakai) maupun 64bit, jadi silakan rekan-rekan ujicoba sendiri.

  1.  2. Setting Virtual Memory (Page File)
  • Banyak yang menyarankan agar manual Page file diletakan pada drive yang berbeda dengan drive system, misalnya: normalnya drive system ada di C, sehingga Page file disarankan diletakkan di D. Tapi Faktanya, ketika saya bermain game 3D, hal ini membuat game sesekali tersendat (bukan lag) dan terjadi secara berulang.
  • Maka dari itu sekarang saya meletakan kembali Page file menyatu dengan drive system (di C dan tetap manual), komposisinya sesuai dengan anjuran dari Microsoft (disesuaikan dengan jenis Dump file yang dipilih), misalnya saya sendiri yang menggunakan Complete Dump file maka pada initial size diisi 1x RAM + 157mb + 1mb (ini jumlah minimal). Jika Anda bingung silakan isikan dengan 1,5x RAM, dan pada Maximum size isikan maksimal 3x RAM. Referensi Microsoftnya silakan search sendiri.
Demikian yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat, CMIIW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila ingin membesarkan teks silakan pencet dan tahan tombol "CTRL" kemudian pencet tombol "+" di keyboard.

Biasakan menyertakan link sumber dalam mengutip, atau kami akan berlakukan DMCA.

Baca juga yang ini:

Baca juga yang ini:

Recent Posts Widget

Komentar Terakhir